RSS

Selasa, 31 Mei 2016

Pengalaman Beasiswa Turki 2015 (Persiapan Keberangkatan)

Sizlere merhaba (halo kalian semua) :)

Saat keberangkatan bersama penerima YTB 2015 di Bandara Soekarno Hatta-Jakarta

Kumpul dan diskusi bersama kakak-kakak PPİ setelah pembuatan visa

Diskusi kedua bersama ketua PPI Turki tahun jabatan 2015

Kali ini saya ingin membahas persiapan keberangkatan ke Turki setelah melalui serangkaian tahap yang telah dilalui.Bahagia itu boleh dan sangat wajar, tapi jangan lupa teman-teman diterima itu artinya kalian harus mempersiapkan persiapan mental dan material yang lebih mendalam lagi... jangan sampai karena kalian terlalu bahagia ada sesuatu yang tidak sengaja terlupakan sobat! :)

Biasanya pengumuman kalian diterima dan hari keberangkatan itu tenggat waktunya ga lama loh, oleh karna itu kalian harus bersiap awal-awal waktu kalian sudah buat visa :)


Apa sih yang perlu dilakukan sebelum berangkat???

Yang perlu kita lakukan sebelum berangkat ada beberapa poin sobat, diantaranya :

1. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan.
jangan lupa dokumen asli dan fotokopi yang telah dilegalisir minimal 3 rangkap.

2. Persiapkan barang- barang yang harus kalian bawa selain dokumen.
Berhubung uang beasiswa ga akan langsung turun di bulan yang sama saat kalian datang kesini sob, jadi kalian harus pinter-pinter persiapkan barang bawaan sekomplit dan seefektif mungkin.

3. Bangun komunikasi dengan orang-orang yang akan pergi bersama.
İni penting sob, disaat kalian akan pergi ada baiknya sudah mengenal satu sama lain siapa saja yang akan pergi bersama. Selain kalian bisa punya teman kalian juga bisa berbagi pengalaman sob.

4. Hubungi senior yang sudah di Turki untuk berkonsultasi.
Bertanya kepada senior bisa jadi pilihan saat kalian bingung apa yang harus kalian bawa atau yang harus kalian lakukan. Senior tahu keadaan di kota itu atau di lingkungannya, jadi menuruti saran senior engga rugi sob... aku juga menuruti saran senior dulu, Alhamdulillah engga nyesel jadinya.

5. Belajar bahasa Turki.
İni ga kalah pentingnya dari persiapan-persiapan lainnya. Karena pergi ke Turki berarti pergi ke negara yang "tidak kenal" English. Bukan berarti semua orang turki ga bisa bahasa inggris sob... tapi presentase orang Turki yang bisa bahasa inggris itu bisa dikatakan 10% dari penduduknya, atau bahkan lebih rendah lagi. Mereka bangga dengan bahasanya sendiri, bahkan sebagian dari mereka mengatakan "ben türküm, ingilizceye ihtiyacım yok" yang artinya "aku orang turki, aku ga punya kebutuhan berbahasa inggris" *gubrak* :/ meskipun kalian akan dibantu oleh kakak-kakak senior nanti disana, tapi ga selamanya mereka disamping kalian loh :)

Kira-kira itu yang harus dilakukan sebelum keberangkatan sobat!


Baiklah, sekarang apa yang harus saya bawa??? Dimana saya harus menaruh barang-barang saya???


Setelah melihat sekilas apa yang harus dilakukan, sekarang apa saja yang harus dibawa sobat reader sebelum pergi, mari kita lihat poin-poin dibawah ini :

1. Dokumen
ini yang pertama dan utama. Jangan sampai ada yang tertinggal; dokumen asli, hasil translate, fotokopi legalisir minimal 3 rangkap.

2. Obat pribadi
jangan lupa bawa obat pribadi sob karena disini cari obat yang sama ga semudah di İndonesia. Kalau kalian ga punya penyakit yang sifatnya pribadi kalian dianjurkan juga bawa obat yang sifatnya umum seperti; kayuputih, tolak angin, obat batuk, larutan penyegar, paracetamol dan vitamin bila perlu. Fyi kalian baru akan dapat asuransi minimal setelah 1,5 bulan tinggal disini sob, belum lagi biaya asuransi kadang hanya mencover biaya pemeriksaan dokter tanpa obat atau dengan obat namun hanya separuhnya, so lebih baik jaga-jaga dari awal.

3. Baju tebal
perkiraan keberangkatan selalu mendekati bulan-bulan saat mendekati masuknya musim dingin sob. Meskipun kalian mau beli jaket musim dingin disini, ga ada salahnya bawa beberapa sweater untuk lapisan bawahnya dari indo sob...

4. Bumbu-bumbu
yang ini hukumnya wajib 'ain sob. Kalian yang baru akan datang kesini bisa dipastikan belum terbiasa dengan makanan disini. Jadi kalian ada baiknya bawa banyak-banyak bumbu jadi buat stok persediaan kalian, meskipun ga di semua asrama bisa masak tapi bisa juga masak-masak di rumah orang indonesia yang tinggal di kota tersebut sob. Bumbu yang bisa kalian bawa bisa bumbu jadi seperti; bumbu mie goreng, bumbu nasi goreng, bumbu ayam goreng, saos pedas dari suatu merk bumbu-bumbuan. Fyi, di Turki jarang banget bahkan mungkin ga ada yang namanya saos pedas, kecap manis, dll. Jika memungkinkan bisa bawa makanan khas İndo juga sob, karena disini makanan yang diimpor dari İndonesia hanya indomie, itupun dengan harga 2 sampai 4 kali lipatnya dari harga di İndonesia sob...

Baiklah sesi sharing kali ini sampai di sini dulu, jika ada pertanyaan dan saran mohon komentar dibawah ini atau bisa tanya di ask.fm saya, see you on the next publish and good luck for all of you guys! :)

11 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum ka,, suka sm postingannya, doakan aku lolos interview. kak jarak antara email lolos sm kbrangkatan brp lama ya?

Ilma Alya mengatakan...

Waalaikum salam :) makasih sudah mampir.. aamiin semoga lolos, waktu itu jaraknya sekitar 1 minggu kalo ga salah

Satrio Anugrah mengatakan...

Assalamualaıkum mbak saya satrıo darı solo.mbak mau tanya sbnarnya saya kan baru lulus MTs tahun ını dan akan ke MAN tahun ını namun saya sudah bernıat untuk melanjutkan studı kulıah ke turkı jalur beasıswa mbak untuk ıtu apa yang harus saya persıapkan darı sekaran meskı saya baru anak MAN mbak mksıh syukroon....

Devy Tri Anggraini mengatakan...

Ka kalau nilai rata2 un aku 6,6 tetapi nilai sekolahnya bagus gmna ya ka? Apa msih bisa ikut?:)

Ilma Alya mengatakan...

Waalaikum salam, kamu persiapkan nilainnya dulu yang utama kalau bisa masuk 10 besar, sambil belajar bahasa turki juga bisa.. kalau persiapan dokumennya nanti aja setelah kamu kelas 11 smester akhir bisa dipersiapkan :)

Ilma Alya mengatakan...

Kayanya mereka liat dari nilai rata2 keseluruhan bukan dari unnya aja, insyaAllah bisa. Kita tidak akan tau hasilnya kalau tidak mancoba kan? Semangat! :)

Fadhiel Muammar mengatakan...

Apakah nanti setelah lolos interview untuk urus visa, berkas2, dsb. Dilakukan sendiri2 atau barengan ? Maunya sih rame2 biar mudah

Fadhiel Muammar mengatakan...

Oia, berapa kira2 dana yang habis waktu persiapan kebrangkatan, termasuk persiapan visa, terjemahan dokumen, dll. supaya saya bisa mempersiapkan uangnya sejak dini. Kkak jurusan dan di universitas apa ?

Ilma Alya mengatakan...

itu tergantung orang-orang yang diterima berbarengan dengan kita.. kalau tahunan aku kami sudah janjian untuk membuat bersama-sama

Ilma Alya mengatakan...

lumayan banyak juga untuk semua sampai tinggal disana satu bulan kira-kira lebih dari 7... bisa lihat di profil :)