RSS

Selasa, 19 Juli 2016

Ramahnya PPI Terhadap Pendatang Baru



Merhabalar kanka... (halo kawan)

PPI Konya & KBRI Ankara

Bahasan kali ini adalah “Ramahnya PPI Terhadap Pendatang Baru” :) Sebelumnya apa kalian semua sudah pernah mendengar istilah PPI ini kawan? PPI adalah singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia kawan, PPI adalah organisasi yang beranggotakan para pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negara Indonesia. Anggota PPI adalah para pelajar warga negara Indonesia yang sedang menuntut ilmu dalam berbagai strata pendidikan/universitas (SMA, S1, S2, S3, Post Doktoral) di negara yang bersangkutan. Fungsi PPI ini adalah menjadi wadah bagi seluruh pelajar Indonesia di ranah luar negeri untuk saling berkomunikasi, pemersatu dan tempat untuk menampung aspirasi antar pelajar Indonesia. PPI berada di hampir seluruh negara dimana adanya pelajar Indonesia, di setiap negara memiliki satu PPI Pusat (contoh : PPI Turki, PPI Jerman, PPI belanda, PPI Maroko, dll) di dalam satu PPI pusat bersangkutan memiliki beberapa PPI cabang yang dimana jumlah penduduk Indonesia di tempat itu sudah memenuhi batas minimal standar untuk dapat dibentuknya PPI cabang. Sebagai contoh di Turki memiliki PPI cabang diantaranya PPI Istanbul, PPI Ankara, PPI Izmir, PPI Konya, dll. Jika ada orang Indonesia yang tinggal di kota lain dan jumlahnya sangat sedikit maka ia akan dimasukan ke dalam anggota PPI cabang terdekat dengan kota tempat tinggalnya.


Saat pertama datang ke Konya bersama kakak-kakak seangkatan YTB 2015
Menonton Tari Sema saat berkeliling kota bersama PPI Konya
Saat mengunjungi Sille Village bersama PPI Konya

Saat kakak-kakak PPI mengajak keliling Konya

PPI Konya, Turki


Saya rasa cukup pembahasan tentang PPI, langsung saja saya akan bahas tentang sambutan dari PPI kepada pendatang baru...

Saat kalian pertama kali akan datang ke luar negeri sebagai seorang pelajar mungkin sebagian diantara orang tua kalian ada yang khawatir akan nasib kalian di negara tujuan nantinya, atau bahkan kalian sendiripun bingung apa yang harus dilakukan disana nanti dengan negara baru, tempat baru, orang- orang dan kultur baru yang akan kalian hadapi tanpa ada satu orangpun yang kalian kenal. Tetapi dalam bahasan kali ini saya bisa katakan jangan takut akan nasib kalian di negara tujuan. PPI sebagai wadah bagi pelajar Indonesia akan semaksimal mungkin mencoba membantu kalian yang baru pertama kali datang di tempat tersebut. Jika tempat yang akan kalian tinggali sudah terdapat PPI cabang maka akan lebih mempermudah kalian untuk bertanya segala informasi dari kakak-kakak senior yang ada disana. Bahkan jika mereka bisa kalian akan dibantu mengurus dokumen bahkan pendaftaran ulang yang perlu kalian lakukan. Menjalin komunikasi dengan anggota PPI yang berada di tempat tujuan sebelum kita berangkat dan setelah sampai itu sangat penting. Kalian bisa bertanya tentang medan disana, apa yang harus kalian persiapkan sejak awal.

Sambutan PPI cabang di setiap tempat akan berbeda. Tulisan saya ini bedasarkan pengalaman sambutan PPI Konya, Turki. Saat pengumuman diterima  saya diterbitkan dipage YTB di sosmed Facebook saya langsung di kontak oleh pengurus PPI Konya (Citra Bunga Edelweiss. Blog : katalangitsenja.wordpress.com) dan semenjak saat itu saya selalu berkomunikasi dan konsultasi dengan PPI Konya. Ketika awal datang ke Konya hanya ada beberapa orang Indonesia disana sebab minggu itu masih termasuk minggu liburan para mahasiswa dan sebagian mahasiswa Indonesia sedang berada di tanah air, ada pun sebagian yang sedang berada di luar kota. Tetapi beruntungnya masih ada mahasiswa yang masih tinggal di Konya hingga kedatangan saya dapat dihandle. Saya dibantu oleh kakak-kakak PPI untuk mengurus daftar ulang di fakultas beserta semua dokumen yang diperlukan. Mereka sangat ramah dan membantu tanpa pamrih. Bahkan saya dikenalkan dengan medan tepat yang akan saya tinggali dengan mengajak keliling di sekitaran kampus seraya menjelaskan untuk apa tempat tersebut, jika kita butuh suatu dokumen kemana kita harus pergi, jika sakit ke fakultas dan tempat mana kita harus pergi, dsb. Saya dikenalkan dengan orang-orang Indonesia lainnya yang tinggal disana. Berkeliling sekitar Konya dan tempat-tempat wisata  dan tempat umum di Konya. Ketika hampir semua orang Indonesia yang tinggal di Konya sudah kembali barulah diadakan penerimaan saya dan teman seangkatan saya secara simbolis dengan cara mengumpulkan seluruh masyarakat Indonesia di Konya dan dibuat acara khusus perkenalan dengan pelajar baru, sejak saat itu saya resmi menjadi PPI Turki, khususnya PPI Konya.
Saya sangat berterimakasih pada PPI Turki, khususnya PPI Konya untuk segala bantuannya selama kedatangan, saat ini, hingga saat yang akan datang :) maju terus PPI Seluruh dunia!!!

4 komentar:

Unknown mengatakan...

wah qaqa ilma mau dunk di ajak ke konyaa

Unknown mengatakan...

silahkan beli tiketnya pribadi :)

tyarapotter mengatakan...

kalau cuma mau liburan disambut juga gak ya? >,< :D

Unknown mengatakan...

InsyaAllah :)